Cara Pemberian Pakan Ikan

Pemberian pakan dilakukan sedikit demi sedikit tetapi sering. Prinsip pemberian pakan adalah addlibitum karena bila diberikan sekaligus maka pakan tidak akan langsung habis. Bahkan sisa pakan akan menumpuk di dasar kolam. Misalkan dalam satu hari kebutuhan pakan 12 kg, pakan sejumlah itu di berkan dalam 4 kali pemberian. Frekuensi pembersihan pakan dalam satu hari untuk ikan dengan berat rata-rata (MBW) 50 gr adalah 4 kali, sedangkan untuk ikan dengan MBW lebih dari 50 gr adalah 3 kali.

Pada dasarnya ikan merupakan hewan nokturnal, aktif pada malam hari, walau pada siang hari juga mau makan. Jadi pakan yang di berikan pada sore hari dan malam hari bisa lebih banyak di banding pada pagi dan siang hari.

Bila diberikan 4 kali perhari, pakan bisa diberikan pada pukul 07.00 pagi, pukul 12.00 siang 17.00 sore, dan pukul 22.00 malam. Untuk pemberian 3 kali pakan di berikan pada pukul 07.00 pagi, 15.00 sore dan 22.00 malam.

Cara pemberian pakan ikan
Pakan bisa disebarkan langsung ke permukaan perairan seperti pada budidaya dikolam atau karamba jaring apung. Pakan hendaknya disebarkan merata di permukaan kolam. Bila angin berhembus kuat, pemberian pakan jangan dilakukan dengan melawan datangnya angin. Pakan yang di beri tambahan suplemen organik dapat membuat pertumbuhan ikan lebih cepat, pakan bisa diserap usus ikan secara lebih efesien, dan jumlah pakan yang diberikan hingga akhir budidaya menjadi lebih sedikit. Contoh suplemen organik adalah VITERNA Plus. VITERNA Plus mengandung mineral organik, asam lemak organik, asam amino seperti Histidin, Iso Leusin, Leusin, Tyrosin, Serisin, Threonin dan sebagainya, juga vitamin.
APLIKASI PEMBERIAN VITERNA PADA PAKAN IKAN ATAU PELET
Aplikasi Viterna Pada Pelet
Untuk menambahkan suplemen organik pada pakan, semprotkan pakan dengan larutan VITERNA. Penyemprotan dilakukan sebelum pakan di berikan. Untuk membuat larutan VITERNA, 1 tutup (volume 1 tutup :10 cc) dilakukan dalam 1 liter air bersih. Larutan 1 liter VITERNA ini digunakan untuk menyemprot pakan ikan sebanyak 2-3 kg. Setelah disemprot maka pakan dikeringkan hingga kering, baru kemudian diberikan kepada ikan budi daya.

Pada pemberian pakan di KJA, pakan disebar rata ke permukaan air. Bila arus kuat, pemberian pakan jangan dilakukan dengan menantang datangnya arus air tetapi harus diberikan dengan membelakangi arus. Dengan cara demikian maka pakan tidak akan cepat hanyut dan keluar dari jaring apung. Pada karamba yang tenggelam sebagian, pakan diberikan melalui pintu pakan. Pintu pakan hendaknya ditempakan pada sisi datangnya arus. Pada karamba yang tenggelam seluruhnya, pakan di berikan menggunakan corong. Corong ini berada diatas perairan. untuk memperlancar keluarnya pakan, di tengah corong dipasang tali. Tali itu menghubungkan bagian atas corong dengan bagian bawah sisi corong. Pada ujung bawah diberi pemberat sehingga bila pemberat dan tali disentuh ikan, pakan akan turun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pemberian Pakan Ikan"

Posting Komentar