Resep Pembenihan Udang Galah

Pembenihan merupakan komponen utama dalam sistem budidaya udang galah. Kualitas benur sangat mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya udang galah. Sehingga untuk menjamin keberhasilan produksi, hendaknya faktor benih ini benar-benar harus diperhatikan.
Jika udang galah didapat dari tengkulak, hendaknya harus diketahui dengan pasti asal atau sumber tempat pembenihan nya ( hatchery-nya ). Karena jika tidak, kadang-kadang benih yang dibeli tercampur dengan udang jenis lain (entah disengaja atau tidak).
Benih udang galah yang berasal dari balai benih baik negeri atau swasta yang sudah eksis terjamin keaslian nya, keseragaman nya dan produktifitas nya.

Beberapa informasi mengenai pembenihan (hatchery) yang bagus perlu diketahui oleh para petambak / calon petambak udang galah.

Ciri-ciri benur udang galah yang sehat dapat diketahui secara visual, yaitu : berenangnya normal dan tidak ikut arus jika diputar airnya, warnanya tegas yaitu coklat kekuningan dan tidak pucat (putih/kemerahan), alat tubuhnya lengkap dan ekornya membuka jika berenang, dan tahan di dalam kantong plastik yang beroksigen selama 24 jam serta mortalitas ( angka kematian ) tidak lebih dari 5% selama proses pengangkutan dari hatchery sampai kolam / tambak. Selain itu kondisi benur harus seragam dalam ukuran dan umur, reaksinya sangat cepat terhadap rangsangan cahaya, mekanis dan pergerakannya aktif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pembenihan Udang Galah"

Posting Komentar