PENDEDERAN budidaya udang galah

PENDEDERAN

Supaya didapatkan angka kehidupan dan pertumbuhan udang galah yang baik, benih / benur harus diperlakukan dengan pendederan (pembuatan tokolan atau gelondongan) selama 30-60 hari. Tempat pendederan ini harus dipersiapkan sebelumnya. bisa dengan sistem apung dengan jaring ukuran 1mm atau dengan membuat kolam kecil disamping kolam pembesaran. Tempat pendederan hendaknya dipasang rumpon-rumpon dari daun kelapa atau ranting pucuk bambu. Dengan demikian benih udang galah tidak berkumpul disuatu tempat sehingga dapat mengurangi saling memangsa. Selain itu juga sebagai tempat berlindung dari sengatan matahari pada siang hari, serta untuk tempat berlindung saat ganti kulit.

Suhu ideal tempat pendederan adalah 26 derajat celcius. Kepadatan yang ideal untuk pendederan ini adalah 100-150 ekor/m2, dan mortalitasnya / kematian tidak lebih dari 20 %. Selama pendederan tidak dilakukan buang air selama 30 hari pertama.

Pemberian pakan selama pendederan dapat dilakukan 5-6 kali sehari. Ukuran pakannya adalah ukuran 01 (crumbles) atau yang paling kecil yang hampir menyerupai bubuk. Caranya dengan menabur ditempat pendederan secara merata. Pedoman pemberian pakanya dapat dilihat di tabel bawah ini :


Pada saat penebaran benur udang dari hatchery ke kolam pendederan harus dilakukan secara hati-hati, teliti dan memperhatikan kebutuhan hidup dari benur.
caranya adalah :
  • Pertama, Letakkan plastik benur dari hatchery didalam kolam dengan posisi terapung, dan ikatan plastik belum dibuka. Diamkan selama 10 menit.
  • Kedua, Buka ikatan plastik benur dan lipat pada bagian atasnya. diamkan selama 10-15 menit.
  • Ketiga, Siramkan air ke bagian atas plastik yang sudah terbuka selama 10 menit.
Selanjutnya, Miringkan plastik beur ke permukaan air kolam / tambak secara perlahan dan biarkan benur-benur di dalam plastik keluar sendiri (jangan dipaksakan, karena benur akan cepat stress).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENDEDERAN budidaya udang galah"

Posting Komentar