Postingan Terpopuler

PROBIOTIK , PREBIOTIK dan ORGANIK

Saat ini banyak sekali produk yang menyandang nama-nama seperti diatas.
Banyak bahan makanan untuk ternak yang diembel-embeli Probiotik, Prebiotik dan Organik agar masyarakat tertarik dan mengkonsumsinya.

Sebenarnya apa saja yang dimaksud dengan hal-hal tersebut diatas ?
Pernahkah anda ditawari dengan produk yang berlabel probiotik ?
Jika pernah, bagaimana hasilnya setelah menggunakan produk tersebut ?

Produk probiotik memang bagus untuk hewan. Namun kita juga harus mengetahui dulu hewan apa yang akan kita beri produk tersebut. Selain itu, produk Probiotik juga harus memiliki berbagai syarat agar tetap bisa dijamin kualitasnya saat sampai ditangan konsumen. Bagi anda yang ingin menggunakan produk tersebut, cermati dahulu karakter bahan probiotik dan prebiotik agar hasilnya maksimal, sesuai dengan yang anda inginkan.

Berisi Mahkluk Hidup

Penggunaan Probiotik sebagai campuran bahan makanan ternak sebenarnya terinspirasi dari penggunaan susu fermentasi sebagai bahan makanan yang dikonsumsi manusia. Penelitian yang dilakukan secara mendalam membuktikan bahwa manusia bisa menjadi lebih sehat dan berumur panjang berkat mengkonsumsi susu fermentasi tersebut. Didalam bahan tambahan makanan yang mengusung nama Probiotik, ada makluk  hidup / mikroorganisme yang akan membantu tugas perut konsumennya.
Produk Probiotik ini adalah produk yang harus disimpan dengan baik untuk menjaga agar mikroorganisme didalamnya tidak mati. Jika kita pernah mengaplikasikan produk ini dan tidak ada hasilnya, bisa jadi mikroorganisme didalamnya sudah mati. Selain pengaruh dari luar, ada juga hal lain yang bisa menyebabkan Probiotik menjadi tidak berguna. Saat masuk kedalam tubuh, asam lambung dan garam empedu juga bisa "berperang" dengan bahan Probiotik ini. Saat membeli Probiotik, kita diharapkan bijak melihat komposisi dan kegunaanya. Dilihat dari bahan bakunya, banyak probiotik yang menggunakan isi perut hewan sebagai bahan dasarnya. Jika kita ditawari oleh penjual bahwa produk ini baik untuk unggas, coba kita teliti dahulu cocokkah untuk ayam dan babi yang notabene berperut tunggal, sementara bahan tersebut seharusnya untuk ruminansia. Dilihat dari cara kerjanya, produk probiotik ini sebenarnya lebih cenderung kearah kesehatan hewan. Persaingan dengan bakteri pathogen inilah yang diunggulkan dalam Probiotik.

Makanan Bagi Mikroorganisme 
 ( Viterna Prebiotik )
Berbeda dengan Probiotik, Maka Prebiotik ini merupakan bahan yang bukan mikroorganisme. Secara umum dapat dikatakan bahwa Prebiotik ini adalah bahan makanan yang berguna bagi mikroorgsnisme. Didalam produk Prebiotik ini terkandung serat yang diambil dari ratusan bahkan ribuan tanaman yang memenuhi syarat. Salah satu fungsi dari Prebiotik ini adalah menciptakan kondisi terrtentu agar tidak disuka oleh mikroorganisme yang tidak berguna. Bagaimana cara kerja Prebiotik ini pada ayam ? Didalam perut ayam, Prebiotik tidak dicerna oleh pencernaan bagian depan. Prebiotik akan masuk kedalam pencernaan belakang yaitu usus besar dan usus buntu.  Dibagian inilah banyak bakteri yang akan mengolah bahan makanan berupa Prebiotik tadi. Beberapa efek yang ditimbulkan oleh penggunaan Prebiotik pada ayam ini yaitu mortalitas / angka kematian rendah, konsumsi pakan sedikit menurun sementara pertambahan bobot meningkat dan konversi pakan bisa ditekan. Pada prinsipnya Prebiotik berguna untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada unggas. Jika hal ini terpenuhi maka FCR (Feed Convertion Ratio) bisa ditekan alias rendah. Jika FCR tetap tinggi maka patut dipertanyakan, Bagaimana kualitas prebiotik ang kita beli? Masalah FCR ini dalam budidaya unggas memegang peranan penting dan menjadi kunci berhasil dantidaknya budidaya kita. 

Organik, Seberapa Dahsyat ?

Dalam budidaya tanaman dan hewan, kata-kata "Organik" adalah kata ampuh yang mempunyai nilai jual sangat tinggi dan menjadi idola bagi banyak orang yang ingin hidup sehat. Dengan adanya embel-embel Organik berarti produk tersebut tidak mengandung atau sedikit sekali kandungan residu kimia yang ditinggalkan. Istilah Organik ini menjadi sedikit kurang tepat karena tidak ada pentyebutan yang pas untuk produk yang dibudidayakan secara konvensional. kata-kata anorganik sebagai lawan kata organik malah lebih menambah lucu karena berarti bahan tersebut dibuat dari bahan sintetis. 
Label organik yang menjadi syarat dalam penjualan produk organik, diperoleh melalui berbagai persyaratan yang sudah diatur dengan standar international. Sebelum dijual produk harus diuji dulu, seberapa besar residu kimiawinya. Pada prakteknya, ternyata banyak sekali produk organik yang sebenarnya tidak organik. Produk yang mengaku organik juga harus secara berkala diuji untuk mengetahui seberapa bagus kualitasnya, apakah mengalami penurunan dan perubahan dan sebagainya.
Berdasarkan penelitian terbaru, (Annal Of Internal Medicine /AIM) ternyata nilai gizi dari makanan organik dan konvensional tidak terpaut jauh. Jadi yang perlu diperhatikan adalah iklan yang digembar-gemborkan oleh para produsen produk organik harus lebih bijaksana. Bijaksana disini berarti tidak berlebihan agar orang menjadi faham.

Tergantung Penyajian dan Konsumsi 
Untuk bisa memperoleh label organik, Produsen harus membayar sejumlah uang dan memenuhi berbagai persyaratan. Setelah itu, produksi untuk menciptakan produk organik juga membutuhkan biaya besar, walaupun tidak mempergunakan produk kimia dan pestisida. Imbasnya, harga produknya jadi lebih mahal. Dengan produk yang mahal ini apa yang ditawarkan? Yang paling mendasar dan paling masuk akal, produk ini ramah lingkungan. Jika kita mengkonsumsi produk organik berarti kita peduli alam dan mahluk hidup.
Bagi tubuh kita, sehatkah makanan organik ini? salah satu badan yang mengeluarkan sertifikat organik masih memperbolehkan penggunaan pestisida kimia dalam dosis tertentu. Sementara, ada produk yang tidak mendapat sebutan organik namun malah sama sekali bebas zat kimia. Produk organik bisa membuat konsumen lebih sehat namun juga bisa tidak, semua tergantung yang mengkonsumsi. Pada contoh kasus dimana seseorang yang mengkonsumsi beras organik dan kemudian bisa menyembuhkan penyakit kanker colon, harus dilakukan penelitian mendalam. Pada kasus tersebut yang membuat sembuh ternyata bukan masalah organik atau bukan, namun karena pasien mengkonsumsi beras yang mengandung serat dalam jumlah tinggi, lebih dari biasanya. Seperti kita ketahui, makanan berserat sangat penting untuk kesehatan usus.
Makanan yang berlabel organik juga tidak akan seratus persen menjamin bahwa kita akan sehat. Jika ada produk seperti daging kambing organik, cabai organik, jeruk organik, apakah kita bisa makan sepuasnya? Tentu saja tidak. Kesimpulanya, bahan pangan organik sedikit lebih baik daripada bahan pangan konvensional. Seberapa jauh manfaatnya, tergantung kebijaksanaan kita. Hati-hati membeli bahan pangan organik dan pastikan labelnya resmi dan proses produksinya profesional.

Membutuhkan Viterna Plus
Hubungi 081 225 9999 01
PIN BB  25CC8922

( distributor resmi viterna )


Viterna Plus Memacu Pertumbuhan Ayam Kampung Super

Memelihara Ayam Kampung identik dengan pertumbuhan yang lambat dan masa tunggu yang lama, tetapi anggapan ini ditepis dengan memelihara jenis Ayam Kapung Super yang ditunjang dengan pemeliharaan dan nutrisi yang tepat.

Ditemui di rumahnya di wilayah turi, Sleman, Bapak Darmo Broto (43 tahun) berbagi cerita tentang keberhasilanya beternak Ayam Kampung Super. Ditanya kenapa tertarik untuk beternak ayam kampung super, Bapak 2 putra ini menjawab bahwa prospek bisnis Ayam Kampung Super ini sangat bagus. Dari sisi pemasaranya tidak sulit karena permintaan akan daging ayam semakin meningkat dari tahun ke tahun, apalagi ayam kampung yang terkenal memiliki cita rasa daging yang khas dan kadar kolesterol rendah sehingga saat ini kian diminati oleh konsumen.

Pemeliharaan Ayam Kampung Super juga tidak terlalu rumit dan tidak harus dengan kandang pemeliharaan yang luas sehingga dapat dijadikan usaha sambilan yang cukup menguntungkan.

Ditanya berapa keuntungan yang didapat dari memelihara Aam Kampung Super ini, Pak Broto mengungkapkan keuntungan yang didapat dari memelihara Ayam Kampung Super sebesar 2 juta rupiah untuk satu kali periode pemeliharaan sekitar 2 bulan dengan populasi 500 ekor ayam.

Harga DOC Ayam Kampung Super Rp. 4.200,- yang belum divaksin dan Rp. 4.300,- untuk DOC ayam kampng Super yang telah di vaksin. Harga jual Ayam Kampung Super Umur 2 bulan dengan bobot 0,9 sampai 1 kg adalah Rp 22.000 sampai Rp 20.000 perkilogramnya di tingkat peternak, yang tentunya harga ini lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler. Kandang yang harus disiapkan juga tidak terlalu memakan biaya, karena tidak harus dengan kandang panggung seperti pemeliharaan ayam broiler, tetap kandan denan alas langsung tanah juga bisa ntuk pemeliharaan Ayam Kampung Super ini.

Meninjau kandang yang memuat 600 ekor ayam dengan kondisi yang sehat dan siap panen, Kami bertanya apa resep nya untuk menghasilkan ayam yang sehat ini ? Dijawab oleh pak Broto "kuncinya pada pakan yang nutrisinya bagus dan ditunjang dengan pemnberian VITERNA Plus dan POC NASA untuk kelengkapan vitaminnya".

Menurut pak Broto, keunggulan VITERNA Plus dan POC NASA adalah dapat merangsang nafsu makan ayam sehingga pertumbuhan ayam lebih cepat dibandingkan yang tidak diberi VITERNA Plus dan POC NASA.

Untuk menghemat pakan ayam nya, Pak Broto meramu pakan sendiri yang komposisinya terdiri dari jagung giling, bekatul, bungkil kelapa, dan tetes tebu yang difermentasi dengan probiotik.

VITERNA Plus dan POC NASA diberikan melalui air minum ayam dengan dosis 1 tutup botol kemasan VITERNA Plus dan POC NASA yang telah dioplos dijadikan satu lalu dicampurkan pada 5 liter air minum. Selain itu pemberian VITERNA Plus dan POC NASA dapat meningkatkan stamina dan kesehatan Ayam Kampung Super sehingga tidak mdah stress dan dapat menekan angka kematian. Dengan Produk ini,menurut Pak Broto angka kematian dibawah 5 % sedang yang tidak memakai produk ini bisa diatas 10 % angka kemaianya. Keunggulan lain dari VITERNA Plus dan POC NASA adalah mengurangi bau pada kotoran ayam, sehingga tidak mengganggu lingkungan.

Melihat keberhasilan Pak Broto Beternak Ayam Kampun Super bersama Produk VITERNA Plus dan POC NASA, Tidakkah Anda Tertarik Untuk Mencoba dan Membuktikanya ?


Mempercepat Pembesaran Ayam Potong

Manfaat VITERNA PLUS untuk pembesaran ayam broiler :
  1. Meningkatkan nafsu makan.
  2. Mempercepat waktu panen, rata-rata pada umur 34-35 hari sudah mencapai 1,9 - 2 kg Per ekor (ADG = Pertambahan Berat Badan Perhari Meningkat).
  3. Menurunkan FCR (Perbandingan antara pakan dengan bobot hidup ternak) rata-rata 1,5 - 1,6 (Lebih-hemat-pakan).
  4. Menurunkan angka kematian (Mortalitas) 3 - 5 %
  5. Mengurangi kestressan pada ayam, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah ayam divaksinasi atau saat ayam dalam proses pengobatan.
  6. Mengurangi bau kotoran.
  7. Meningkatkan kesehatan ayam.
  8. VITERNA Plus berasal dari bahan alami / organik, bukan dari bahan-bahan kimia / sintetik.
  9. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik.
Akan lebih baik jika menggunakan produk :
  1. VITERNA PLUS
  2. POC NASA
  3. HORMONIK
Cara pakai :
  • 3 Produk Nasa tersebut dicampur menjadi 1 larutan terlebih dahulu.
  • Ambil 1 tutup dari larutan 3 Produk Nasa tersebut lalu campurkan dengan 10 liter air minum.
  • Waktu pemberian pagi atau sore hari.
BUTUH VITERNA PLUS 
Hubungi 
081225999901


kapan molting pergantian bulu bebek

MOLTING adalah masa gugur bulu. Bulu lama lepas kemudian ganti dengan bulu baru. Cepat lambatnya datanya molting, banyak dipengaruhi oleh tata cara pemeliharaan, terutama dalam pemberian pakan. Itik yang dipelihara dengan pakan yang baik dan stabil kualitas dan kuantitasnya, masa produksinya bisa bertahan sampai 10-11 bulan. Tetapi bila pemberian pakan kurang baik, molting bisa datang pada bulan ke 4-5 masa produksi. Masa molting dimana produksi telur itik sangat rendah sekitar 1-2 bulan. selama itu peternak harus selalu tetap memberikan makanan tetapi produksi telurnya hanya sedikit.
Di beberapa daerah, Bebek yang molting langsung diafkir oleh peternak, tetapi ada juga yang tetap dipelihara sampai molting selesai.
Produksi telur bebek pada periode ke-2 pasca molting  relatif lebih rendah dari periode sebelum molting, tetapi ukuran telur Bebek lebih besar dan rata.

by VITERNAPLUS
081 225 9999 01


mengobati penyakit cacing bebek

Mengatasi Penyakit Bebek, Dimana dalam kerongkongan Bebek terdapat seperti lintah berwarna merah kemudian menyebabkan gangguan pernafasan dan kemudian mati.
Bebek yang dalam kerongkongan terdapat seperti lintah berwarna merah, tanda Bebek terkena penyakit yang disebabkan oleh sejenis cacing.
Cara pengobatanya :
  • Berikan obat cacing pada Bebek.
  • Upayakan kandang Bebek dalam kondisi bersih, 
lantai kandang tidak terlalu becek atau basah
Upayakan sinar matahari dapat menembus lantai kandang dan pekarangan kandang tempat aktifitas Bebek.

  • Bahan baku pakan diupayakan dalam kondisi tidak berjamur dan berbau apek serta diupayakan bahan baku pakan tersebut diletakkan pada tempat yang kering, tidak gampang dihinggapi serangga-serangga, seperti lalat sebagai pembawa penyakit.
By Viterna Plus

081-225-9999-01


vaksinasi ayam

Apakah Vaksinasi itu ? 
Pada ayam pedaging kapan dan bagaimana cara memberikanya ? 
Apakah setelah memakai VITERNA PLUS masih perlu dilakukan vaksinasi ?

  • Vaksinasi adalah memasukkan bibit penyakit yang telah dilemahkan untuk menimbulkan kekebalan alami ayam terhadap penyakit tertentu. 
  • Umur 4 hari dilakukan vaksinasi ND / tetelo dengan tetes mata, Umur 14 hari dilakukan vaksinasi Gumboro lewat air minum dan 21 hari dilakukan vaksinasi ND lewat air minum. 
  • Pada pemeliharaan yang telah menggunakan VITERNA PLUS tetap dilakukan vaksinasi untuk mencegah terjangkitnya ayam dari penyakit ND dan Gumboro sehingga tercapai kelengkapan teknis untuk melindungi kesehatan ternak dengan nutrisi tinggi dan vaksin yang sesuai.


Pakan Ideal Puyuh

Untuk puyuh yang sudah bertelur dan berumur 31 hari keatas, pakan yang ideal diberikan pakan layer dengan jumlah 22-23 gram/ekor/hari 
( per ekor puyuh per hari )


Penyakit Tetelo pada Ayam

Penyakit Tetelo, dikenal juga sebagai penyakit ND (Newcastle Disease). 
Penyakit ini disebabkan oleh virus ND. 

Gejala-gejala Ayam yang terkena tetelo adalah sebagai berikut :
  • Nafsu makan berkurang.
  • Ayam lesu.
  • Gangguan Pernafasan.
  • Ngorok.
  • Cekik-cekik.
  • Kotoran encer berwarna putih.
  • Bulu kusam.
  • Kematian 5-58%.
  • Saraf terganggu.
  • Gerak tidak normal.
  • Jalan berputar.
  • Leher berputar-putar.
Pengobatannya sampai saat ini belum ada obat yang khusus untuk menangani ayam yang sudah terkena tetelo, sehingga langkah pencegahan lebih diutamakan untuk dilakukan. 

Pencegahan penyakit tetelo seperti : 
  • Program vaksinasi ND secara teratur sesuai dengan jadual vaksinasi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ayam dengan cara memberikan VITERNA PLUS, POC.NASA dan HORMONIK menjadi satu larutan kemudian diberikan pada air minum ayam setiap hari dari DOC sampai panen.
  • Menjaga kebersihan sanitasi kandang dan peralatan.
  • Penyemprotan desinfektan secara teratur untuk membunuh peredaran virus di kandang dan sekitarnya.
  • Ayam yang sudah terkena Dipisahkan dari ayam yang sehat, dimasukkan ke kandang karantina, kemudian ditambah vitaminnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam.
  • Berikan antibiotika yang dapat mengurangi gejala sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ND.


Mengatasi Ayam Ngorok

Ayam yang terkena ngorok dapat disebabkan karena 2 penyakit, yaitu ND (Newcastle Disease = Tetelo) dan CRD (Cronic Respirotory Disease).
Pencegahan : lakukan vaksinasi  ND secara teratur sesuai dengan jadwalnya.

Gejala penyakit CRD adalah : 
  • Nafsu makan turun.
  • Ayam batuk-batuk.
  • Keluar cairan dari hidung.
  • Bersin.
  • Kepala sering diguncang-guncangkan.
  • Mengeluarkan bunyi ngorok.
  • Ayam tampak kurus dan lemah.
Penyebabnya adalah bakteri Micoplasma gallisepticum. 

Pemberian obat klortetrasiklin, eritomisin, tilosin, spiramisin dapat membantu penyembuhan penyakit CRD.


Kotoran Ayam Berwarna Putih

Ayam yang terkena penyakit pollorum atau Berak Kapur biasanya menyerang anak ayam dengan ciri khas :  anak ayam kelihatan kedinginan, menggerombol, dan berdesak-desakan walaupun pemanas cukup panas, pada dubur ayam menempel kotoran encer berwarna keputihan dan lama-lama kering menjadi seperti kapur, anak ayam susah bernafas.
Penyebab ayam terkena penyakit berak kapur (pullorum) adalah bakteri salmonella pullorum yang menyerang segala umur, terutama anak ayam dibawah umur 2 minggu, angka kematian mencapai 50%.
Pengobatanya dengan pemberian furazolidon atau beberapa sulfonomida.
Pencegahanya adalah pelihara anak ayam yang induknya bebas pullorum, sanitasi kandang harus bersih, ayam yang sudah terkena segera dipisah.

By Viternaplus Dot Com


Penyakit Kolera Ayam Fowl Cholera

Kotoran Ayam berwarna hijau, Nafsu makan menurun adalah tanda Ayam terkena penyakit Fowl Cholera (Kolera).
Ciri-ciri klinis ayam yang terserang penyakit kolera :
  • Ayam akan mati mendadak (akut) tanpa gejala.
  • Kotoran mencret berwarna Kuning coklat atau Kehijauan.
  • Suhu badan ayam tinggi.
  • Nafsu makan kurang.
  • Jenggel dan pial roboh warna biru tua.
Penyebabnya adalah bakteri salmonella multicida Menyebabkan kematian 1-3 hari sesudah ayam terlihat sakit, menyerang ayam diatas umur 4 bulan, perantara makanan dan minuman yang tercemar bakteri, tangan peternak yang kotor, kontak pernafasan, perpindahan karyawan / tamu.
Pengobatan dapat diberikan Preparat sulfonamida, obat yang mengandung antibiotika atau kombinasi antibiotika, sulfa dan vitamin. Obat dapat diperoleh di toko obat hewan atau pakan.


Ayam Kampung Super

Peluang Menggiurkan Ternak Ayam Kampung Super
Twaistrisna Hepiprana, S.Pt.

Kebutuhan daging ayam kampung dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Selain didasarkan rasa dan kualitas daging ayam kampung yang lebih gurih dengan tekstur daging yang lebih kenyal, tidak lembek akan meningkatkan cita rasa masakan ayam kampung, dari segi kesehatan pun lebih baik terutama kandungan protein daging ayam kampung yang lebih tinggi dibandingkan kolesterolnya. Hal ini menyebabkan ternak ayam kampung menjadi bisnis yang cukup potensial dan menjanjikan.
Dengan pola pemeliharaan yang tidak terlalu rumit, dimana lahan yang tidak terlalu luas pun dapat dijadikan tempat kandang ayam, baik model alas kandang langsung tanah ataupun kandang berbentuk panggung. Meskipun demikian, kendala yang dihadapi para peternak ayam kampung adalah lambatnya pertumbuhan ayam kampung yang bisa membutuhkan 4-6 bulan untuk menghasilkan bobot badan 1 kg. Hal ini berbeda dengan ayam broiler yang bisa panen dalam waktu 35-40 hari saja. Namun saat ini persoalan tersebut sudah bisa diatasi dengan kehadiran jenis ayam kampung super atau ayam jawa super yang merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam kampung lokal dengan indukan ayam ras yang memiliki sifat pertumbuhan yang cepat, sehingga anakannya pun memiliki pertumbuhan yang cepat juga, tetapi secara fisik seperti warna bulu, bentuk tubuh dan daging tetap menunjukkan jenis ayam kampung. Ternak ayam kampung super dikatakan lebih menjanjikan karena dalam masa pemeliharaan 45 sampai 60 hari, ayam kampung super sudah bisa dipanen dengan berat rata-rata 0,8 – 1 kg per ekornya. Sehingga dalam 1 tahun para peternak ayam kampung super dapat memelihara 4-5 periode. Dengan demikian penghasilan yang akan diperoleh peternak pun akan lebih banyak sesuai dengan jumlah periode pemeliharaan yang dilakukan.

Masa panen ternak ayam kampung super yang lebih singkat tersebut, hal ini memberikan banyak keuntungan diantaranya resiko kematian yang kecil dan menghemat biaya pemeliharaan termasuk pakan ayam. Dari segi harga jual, ayam kampung harganya lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler, berkisar dari 20 ribu sampai 25 ribu per kilogram. Tergantung pada keadaan pasar yaitu jumlah permintaan dan pemenuhan daging ayam kampung yang terjadi di pasaran, baik pasar tradisional maupun pemenuhan produk daging ayam kampung di pasar-pasar modern seperti swalayan atau supermarket.

Analisis Usaha Ayam Kampung Super
Jika anda berminat dalam usaha budidaya ternak ayam kampung super ini , berikut analisis bisnis ternak ayam kampung super per 100 ekor :
A. Pengeluaran
No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Pembelian bibit Ayam Kampung super Rp. 4.000 per ekor 100 ekor Rp. 400.000
2 Pakan 0 – 60 hari Rp. 226.000 per kg 4 Sak Rp. 904.000
3 Produk Vitamin Mineral NASA dan Vaksinasi Rp. 100.000 Rp. 100.000
Jumlah Rp 1.404.000,-

B. Pemasukan
Diasumsikan angka kematian ayam kampung super adalah 10 ekor dari jumlah 102 ekor ( 1 box berisi 100 ekor plus bonus 2 ekor) maka pada saat panen masih tersisa 92 ekor dengan berat rata-rata apabila habis pakan 4 sak adalah 0,8 – 1 kg.
Harga ayam terendah adalah Rp 17.000,-/kg (hanya terjadi pada panenan bulan November
dan Februari). Fluktuasi harga antara Rp 17.000,- s.d Rp. 25.000,- per kilogram (kg).
No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Penjualan Ayam Rp 22.000/kg 0.9kg x 92 = 82.8 kg 1.821.600

Jumlah Rp 1.404.000,-

Pendapatan Bersih per 100 ekor = Pemasukan – Pengeluaran
= Rp 1.821.600 – Rp.1.404.000
= Rp 417.600,

Jadi keuntungan bersih per 100 ekor ayam kampung super adalah Rp. 417.600,-. Untuk meningkatkan keuntungan kita dapat melakukan berbagai strategi seperti : mencari informasi yang luas tentang perusahaan pembibitan ayam kampung super, dimana kita berupaya mendapatkan bibit ayam kampung super yang bagus kualitasnya, tetapi harga lebih murah per ekornya. Demikian pula dengan sumber bahan pakan ternak, kita berupaya memanfaatkan bahan baku pakan lokal sebagai pakan campuran dengan pakan pabrik sehingga biaya produksi pakan lebih efektif dan efisien, tetapi harus tetap memperhatikan kelengkapan nutrisi pakan ayam kampung super sehingga produktivitasnya bisa lebih ditingkatkan. PT. NATURAL NUSANTARA memiliki produk unggulan pakan pelengkap ternak yaitu produk VITERNA, POC NASA dan HORMONIK yang berasal dari bahan-bahan organik dan mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral dan protein. Keunggulan produk NASA tersebut yaitu untuk memacu pertumbuhan ayam kampung super sehingga lebih cepat dipanen dengan bobot yang layak jual antara 0,8 – 1 kg dalam waktu yang lebih singkat sekitar 40 hari, sehingga dapat menghemat pengeluaran biaya pakan. Selain itu manfaat produk NASA tersebut diatas akan meningkatkan stamina tubuh ayam sehingga dapat menekan angka kematian. Pemberian produk NASA pun dapat mengurangi bau kotoran dalam kandang yang akan menekan angka kestresan pada ayam dan dampak sosial dengan daerah pemukiman sekitar kandang. Strategi selanjutnya untuk meningkatkan keuntungan peternak yaitu aktif mencari informasi berbagai pedagang ayam kampung super yang mau membeli dengan harga lebih tinggi, meskipun secara umum harga yang ditawarkan pedagang hampir sama, namun dengan peternak meminta harga beli yang lebih baik dan proporsional maka dengan sendirinya peternak sudah berlatih menjadi seorang pengusaha peternakan yang memiliki upaya memperluas informasi dan jaringan bisnis serta daya tawar tinggi. 
Ayo Beternak Ayam Kampung Super untuk lebih sejahtera . . .!!!
sumber : TS.NASA


Peran Viterna Terhadap Produksi Telur

Peran VITERNA PLUS terhadap peningkatan produksi telur bebek antara lain : 
  1. VITERNA Plus membantu mengoptimalkan produksi telur bebek sampai 80-90 persen Pada Masa Puncaknya.
  2. Memperpanjang masa produksi telur.
  3. Meningkatkan kualitas telur.
  4. Meningkatkan kesehatan bebek.
  5. dll...
By VITERNA PLUS


Tanda Itik yang Baik

Itik yang baik mempunyai tanda-tanda sebagai berikut :
  1. Proporsi tubuh sedang, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.
  2. Bentuk seperti botol, bagian tubuh belakang lebih besar dengan leher kecil.
  3. Mata lebih besar, bulat, tampak bersinar dan sehat.
  4. Bulu kering, lembut dan tidak kasar.
  5. Tubuh tampak kompak dan padat.
  6. Paruh relatif panjang, lebih cembung dan menutup dengan sempurna.
  7. Untuk itik yang bertelur, masih terlihat bulu-bulu halus.
By VITERNA Plus
081-225-9999-01


cara seleksi itik yang baik


Kualitas ITIK sangat berfariasi karena faktor genetik. Langkah yang harus diperhatikan oleh Peternak Itik adalah secepatnya mengeluarkan itik yang produksinya rendah. Itik yang tidak pernah bertelur dapat dilihat dari lubang kloaka (anus) nya yang sempit, sedangkan itik yang pernah bertelur pasti terlihat melebar. Jika itik yang lain sudah bertelur sampai satu bulan, maka itik yang tidak produktif tersebut harus segera dikeluarkan.
Itik yang tidak bertelur secara fisik umumnya terlihat lebih gemuk dan kondisi bulunya masih bagus dan mengkilap. Itik tersebut merugikan, karena makan nya banyak tetapi tidak bertelur. Untuk mempermudah proses seleksi, itik sebaiknya dikelompokkan pada kandang yang bersekat, dan setiap sekat paling banyak 50 ekor. 
Selain itu, itik dapat diperiksa bertelur atau tidak pada saat sore hari menjelang itik tidur. Itik bertelur menjelang pagi hari. Pada sore hari telur itik sudah terbentuk di dalam saluran reproduksi di perutnya. Telur yang sudah terbentuk dapat diraba dari luar.

By VITERNA PLUS
081-225-9999-01


membedakan telur tetas pada mesin tetas

Telur dapat dibedakan setelah 3 hari dimasukkan mesin tetas. Untuk melihatnya, gunakan teropong telur. Telur yang dapat menetas, tampak adanya pembuluh darah yang menyebar seperti jala, sedang telur yang tidak dapat menetas pembuluh darah berbentuk garis bahkan ada yang tanpa pembuluh darah.


produksi telur itik

Kapan ITIK Mulai Bertelur ???

ITIK mulai bertelur pada umur sekitar 6 bulan, tetapi perlu waktu untuk penyesuaian dengan lingkungan yang baru, meliputi : Kandang, Pakan dan pengelolaan yang pasti berbeda dari sebelumnya.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi produksi Telur ITIK adalah :
  1. Sifat genetik atau keturunan.
  2. Pakan.
  3. Manajemen pemeliharaan.
  4. Pencegahan dan pengendalian penyakit.
  5. Kondisi cuaca.
By Viternaplus Dot Com

081-225-9999-01


Pemberian Viterna Pada Burung Merpati

Untuk Burung Merpati Gunakan Produk VITERNA PLUS dan POC NASA !!!

Caranya : Campurkan kedua produk menjadi satu terlebih dahulu selanjutnya ambil Setengah Sendok Teh dari campuran kedua produk tersebut dimasukkan pada tempat air minum Burung Merpati (30 ml) dan berikan 3 hari sekali.

By VITERNAPLUS DOT COM
081-225-9999-01


cara aplikasi viterna pada puyuh

Untuk Ayam Petelur dan Burung Puyuh :
  • 1 tutup botol VITERNA PLUS (12,5 cc) dicampurkan 10 liter air minum.
  • Berikan setiap 3 hari sekali.
  •  Waktu pemberian Pagi atau Sore hari.
Hub. 081-225-9999-01


Viternaplus meningkatkan produksi telur ayam puyuh

Manfaat VITERNA PLUS Pada Ayam Petelur dan Puyuh :
  1. VITERNA Berasal dari bahan alami/organik bukan dari bahan kimia/sintetik
  2. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia/sintetik
  3. Meningkatkan nafsu makan
  4. Mengurangi  kestresan pada Ayam Petelur dan puyuh, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah Ayam Petelur dan puyuh divaksinasi atau saat Ayam Petelur dan puyuh dalam proses pengobatan.
  5. Mempercepat waktu pertama bertelur. Pada Burung Puyuh umur 30 hari sudah mulai bertelur. dan Pada ayam petelur, Umur 4-5 bulan sudah mulai bertelur
  6. Menurunkan angka kematian Ayam Petelur dan puyuh ( 3-5% )
  7. Mengurangi bau kotoran Ayam Petelur dan puyuh.
  8. Meningkatkan kesehatan Ayam Petelur dan puyuh.
  9. CANGKANG TELUR Lebih Kuat (Memperkuat Cangkang telur Ayam dan Burung Puyuh)
Membutuhkan Viterna Plus
Hub. 081-225-9999-01


viterna mempercepat pertumbuhan bebek

Manfaat dan Keunggulan VITERNA PLUS untuk Bebek Pedaging :
  1. Meningkatkan Nafsu Makan Bebek.
  2. Mempercepat waktu panen Bebek, rata-rata pada umur 42 hari sudah mencapai 1,3 Kg per ekor.
  3. Menurunkan angka mortalitas / kematian Bebek ( 2-4% )
  4. Meningkatkan kesehatan Bebek.
  5. VITERNA PLUS berasal dari bahan alami/organik bukan dari bahan kimia/sintetik.
  6. VITERNA PLUS mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia/sintetik.
  7. Menguangi tingkat kestresan pada Bebek, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah Bebek divaksinasi atau saat Bebek dalam proses pengobatan.
  8. Mengurangi bau kotoran Bebek.
Butuh VITERNAPLUS
Hub.081-225-9999-01


Viterna meningkatkan produksi telur bebek

Manfaat dan keunggulan VITERNA PLUS untuk Bebek Petelur :
  1. VITERNA Berasal dari bahan alami/organik bukan dari bahan kimia/sintetik
  2. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia/sintetik
  3. Meningkatkan nafsu makan
  4. Mengurangi  kestresan pada bebek, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah bebek divaksinasi atau saat bebek dalam proses pengobatan.
  5. Meningkatkan produksi telur bebek 40-50 % per hari nya, dibandingkan yang tidak menggunakan VITERNA pada masa ber produksi telur.
  6. Menurunkan angka kematian bebek ( 2-4% )
  7. Mengurangi bau kotoran bebek.
  8. Meningkatkan kesehatan bebek.
HUB. 081-225-9999-01 


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More