macam macam penyakit udang

Beberapa jenis penyakit-penyakit udang yang dijumpai akhir-akhir ini adalah :
  • WHITE SPOT (Bintik Putih) Penyakit inilah yang menjadi biang kerok banyaknya kegagalan panen petambak-petambak kita. Seranganya sangat cepat, dalam jangka waktu cepat atau beberapa jam saja udang bisa habis / mati. Dalam bahasa ilmiahnya disebut SEMBV (systemic ectodermal mesodermal baculo virus) penyebab penyakit white spot adalah Virus. Sedang inangnya adalah kepiting dan udang udang liar. Gejala penyakit white spot adalah :
* Jika udangnya masih hidup biasanya renangnya tidak teratur dipermukaan dan jika menabrak tanggul udang akan mati.
* Dipermukaan bagian carapace (cangkang)-nya dijumpai bintik bintik putih seperti panu, dan jika digores dengan kuku tidak dapat hilang.
* Udang sangat peka terhadap perubahan lingkungan, misalnya kalau turun hujan atau panas terik mereka langsung naik dan seperti udang stress dengan ciri-ciri seperti diatas.
karena penyebabnya virus maka tidak ada obatnya, Cara Penanggulanganya adalah dengan cara meminimalkan populasi kepiting dan udang udang liar agar tidak masuk ke tambak kita, sehingga yang harus diperhatikan adalah saat memasukkan air, hendaknya benar-benar hati-hati, dan sebisanya harus memakai filter air 0,5 ml rangkap 2-3.
  • BLACK SPOT (Bintik Hitam)
  • KOTORAN PUTIH / UDANG MENCRET biasanya tanda-tandanya bisa diketahui jika kita berjalan ke pojok tambak dan melihat arah angin yaitu di tempat kotoran-kotoran kumpul. Atau dalam bahasa ilmiahnya adalah WFD (White Feaces Disease) Tandanya adalah kotoran udang berwarna putih mengapung diatas permukaan air dan jika dipegang lembek seperti pasta gigi, kalau dilihat sepintas seperti benang yang putus-putus. Kondisi ini biasanya menandakan kalau dasar tambak dan perairan sudah sangat kotor dan pembentukan gas amoniak sangat tinggi. Cara pencegahanya adalah dengan mengganti air sebanyak-banyaknya  (tetapi usahakan secara perlahan-lahan) dan melakukan siphon / pengangkutan kotoran dasar tambak.
  • INSANG MERAH penyakit ini ditandai dengan terbentuknya warna merah pucat pada permukaan bawah udang atau sekitar insang. Kematian udang juga tidak secepat white spot, tetapi juga menghabiskan udang. Biasanya penyakit ini timbul karena pengolahan lahan yang jelek, Sehingga keasaman tanah sangat tinggi. Pencegahanya tentunya dengan melakukan pengolahan lahan dengan baik.
  • NEKROSIS

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "macam macam penyakit udang"

  1. Untuk obat udang mencret apa kah adaa..
    mohon infonyaa..

    BalasHapus
  2. Obat mencret dpt diatasi dg bawang putih/kunyit,, dg cara ditumbuk lalu di masukkan bersama pemasukan air baru..

    BalasHapus